Gaya Hidup

Tipe-tipe Mahasiswa Masa Kini

Written by derap_online

Mahasiswa, seorang pelajar yang berpredikat Maha yang dulu banyak ditakuti para pejabat pemerintahan karena daya juang dan intelektualitas membela rakyat. Saat ini, jumlah mahasiswa yang jutaan di Indonesia, semakin banyak perbedaan yang bisa kita cermati nih, guys!

Perbedaan-perbedaan itu bisa kita lihat dari aktivitas dan kegiatannya selama ngu-liah. Dari kegiatan dan aktivitasnya di kampus bisa kita klasifikasikan sendiri dengan sebutan-sebutan yang hits dan anak muda banget guys!

 

Mahasiswa kupu-kupu via ruangkampus.com

Mahasiswa kupu-kupu via ruangkampus.com

 

Mahasiswa Kupu-kupu ( Kuliah Pulang )

Mahasiswa seperti ini biasanya tidak aktif di kampus dan lebih memilih langsung pulang ke rumah mereka, setelah melakukan kegiatan belajar di kampus. Ciri-ciri mereka adalah datang ke kampus hanya untuk belajar dan tidak mengikuti kegiatan apapun di kampus.

Tapi, kita gak boleh berfikir negatif dulu ya. Jangan karena mereka langsung pulang, terus kita anggap mereka apatis dan pasif. Mungkin saja, mereka mempunyai kesibukkan di rumahnya masing–masing. Entah itu membantu orang tua, kakek, nenek, adik, kakak, pacar, orang tua pacar, pembantu di rumah pacar, atau mainan sama kucing yang dianggapnya pacar. Eits, jangan salah, kebanyakan dari mereka yang kupu-kupu ini adalah seorang pekerja lho, jadi maklum kalau mereka cepat pulang setelah kuliah.

 

Mahasiswa nangkring di kafe via hipwee

Mahasiswa nangkring di kafe via hipwee

 

Mahasiswa Kunang–kunang ( Kuliah Nangkring )

Mahasiswa tipe ini, biasanya setelah belajar di kampus tidak memilih pulang, tetapi lebih memilih ke tempat tongkrongannya, seperti kantin kampus, mall sekitar kampus, atau ketempat kos –kosan temannya di sekitaran kampus, tapi lebih banyak sih mereka nongkrong di masjid kampus. Obrolannya pun bisa bermacam-macam, membicarakan tugas kuliah, tugas rumah, tugas kantor, tugasnya pacar, tugasnya tukang kebun, sampai tugasnya dosen pun didiskusikan.

Klasifikasi mahasiswa kunang-kunang ini, mempunyai kebiasaan unik lho guys! Kebiasaan pulang malam, walaupun ke kampus gak ada kelas! Jangan negatif dulu, kebanyakan dari mereka jusru adalah orang-orang kreatif yang suka berkumpul dan bergumul untuk membuat karya. Obrolan yang ngalur-ngidul itu biasanya berujung pada kalimat ajakan membuat hal yang bisa diingat sepanjang karir ngu-liahnya. Atau bisa juga sih memang mereka punya jiwa taster, mencicipi semua masakan di kantin dan mencicipi kenikmatan beribadah di semua sudut masjid.

 

Mahasiswa berdagang

Mahasiswa berdagang

 

Mahasiswa Kuda–kuda ( Kuliah Dagang )

Mahasiswa berklasifikasi ini, biasanya memanfaatkan waktu luang sebelum belajar atau sesudah belajar dengan berdagang di sekitaran kampus. Barang-barang yang dijual bermacam-macam, seperti buku kuliah, makanan, perona bibir, perona wajah, hijab, songket, koteka, alat tulis, alat masak, alat mancing, sampai alat perang pun ada. Dari hasil berdagang itu mereka bisa menambah pundi-pundi di kantong mereka.

Rata-rata mereka beralasan dengan berdagang mampu membantu meringankan beban orang tua mereka. Dengan demikian, orang tua mereka tak perlu repot-repot memberi uang jajan saat mereka berkuliah. Mulia sekali ya mereka, tidak mau merepotkan orang tuanya untuk ikut menjajani pacarnya (red: bukan jomblo).

 

Mahasiswa sedang rapat organisasi

Mahasiswa sedang rapat organisasi

 

Mahasiswa Kura-kura ( Kuliah Rapat )

Nah, ini dia klasifikasi mahasiswa yang paling hits di mata para juniornya. Bagaimana tidak? Wong pertama kali orientasi kampus ketemunya sama mereka, dideketin sama mereka, digombalin sama mereka. Mahasiswa tipe ini, biasanya mahasiswa yang aktif di kampus, aktif berorganisasi, aktif ngecengin maba-maba gemes, dan aktif obral janji kerja yang nyatanya janji manis belaka. Iya, seperti kamu gitu.

Biasanya, mereka-mereka inilah yang lantang menyuarakan hak rakyat dan mahasiswa. Jiwa kepemimpinan mereka tumbuh dari berbagai kegiatan organisasi yang mereka ikuti. Melakukan rapat-rapat kerja, pembahasan internal, dan eksternal, sambil makan-makan dan tidur di sofa. Dari pemikiran-pemikiran mereka itulah, yang biasanya mampu mengubah cara pandang kampus dalam melakukan berbagai kebijakan yang bertentangan dengan keinginan mahasiswanya! Hidup mahasiswa!

Nah, itulah beberapa tipe mahasiswa yang ada di sekitaran kita. Buat kalian yang punya tipe dan klasifikasi sendiri, silahkan corat-coret di comment box di bawah. Jangan lupa bagikan artikel ini di akun Facebook, Twitter, dan Line kalian, biar kita bisa menentukan klasifikasi kita sebagai mahasiswa!

Baca Juga: Ini Dia Hal-hal Yang Sebaiknya Dilakukan Mahasiswa Ketika Melihat Nilai Di Siakad

Rep: Perdana Bagaskara/Ed: Alfridho Yuliananda

About the author

derap_online

Leave a Comment

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.