Muda Kampus

Mahasiswa Berkarya Lewat BC7TV

Written by derap_online

Melihat banyaknya minat mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi UEU dalam dunia pertelevisian, mereka kemudian memilih untuk mengadakan berbagai rapat-rapat khusus bersama sesama rekan mahasiswa serta dosen untuk mewujudkan minatnya. Fasilitas yang sudah mumpuni, mulai dari ketersediaan kamera, studio, dan berbagai perlengkapan lain untuk kebutuhan shooting, membuat mereka semakin semangat untuk membentuk channel teve sendiri.

 

1494748341398

Logo BC7TV

Andri Novianto, Dicky Ramadhan, dan Naufal Azmi merupakan inisiator penggerak para mahasiswa untuk mewujudkan kanal teve tersebut. Didukung berbagai elemen mahasiswa juga para dosen yang senantiasa memberikan masukan, Arie Nugraha lantas membuka tangan dan jalan melancarkan kebutuhan para calon sarjana muda tersebut.

Berawal dari tahun 2016, channel tersebut dibentuk streaming online via Youtube bernama Esa TV. Namun, setelah beberapa program mandek, Arie Nugraha kemudian mengumpulkan kembali para inisiator dan anggota tim. Kemudian, untuk membuatnya terintegrasi dengan nama branding radio streaming yang juga bentukannya BC7 Radio, BC7TV dipilih menjadi channel teve anyar dengan program dan para anggota yang juga anyar.

 

1494748328619

BC7TV Shooting di Studio TV

Kekuatan para penggiat penyiaran tersebut, terlebih para anggota yang memiliki semangat baru, membuat program yang dijalankan berjalan konsisten hingga kini. Saat ini, BC7TV memiliki dua program unggulan, yakni 7Weekly dan Bincang Kreatif. Kedua program tersebut tayang mingguan, mengingat kesibukkan anggotanya yang masih padat berkuliah.

Kedua program tersebut juga berbeda. 7Weekly merupakan program berita yang mengusut tuntas tentang informasi seputar Esa Unggul, yang masih belum banyak diketahui. Sementara, Bincang Kreatif merupakan program yang mengudarakan kegiatan-kegiatan kreatif para mahasiswa, sosok-sosok inspiratif, dan tips-tips seputar kemahasiswaan.

Seperti halnya tayangan televisi yang biasa kita tonton, kedua program buatan BC7TV tersebut juga memiliki jadwal dan jam tayang masing-masing tiap minggunya. 7Weekly ditayangkan setiap Jumat pukul 19.00 WIB, sedangkan Bincang Kreatif ditayangkan setiap Senin pukul 12.00 WIB.

 

18095048_260643824344485_7892816465911349248_n

Salah satu liputan BC7TV

Organisasi TV yang beranggotakan 30 orang ini ingin terus konsisten memperbanyak karya dengan kreativitas anggotanya. Hal itu dilakukan supaya program BC7 TV dapat menembus di target penonton yang lebih luas lagi, bukan hanya untuk mahasiswa Fikom dan mahasiswa lain di kampus emas, namun juga mampu menjadi lahan percontohan bagi mahasiswa luar kampus lain.

“Kita mau memperbanyak karya dulu, sebelum tembus ke TV Kampus. Setelah kita konsisten dengan apa yang udah kita buat, kita bakalan ngajuin ke Humas Esa Unggul supaya program-program kita bisa tembus di TV Kampus Esa Unggul dan banyak yang liat juga, baik di gedung utama kampus maupun di gedung baru sana” kata ketua BC7 TV, Andri Novianto, saat ditemui dan diwawancarai di depan studio audio lantai 7, gedung utama Universitas Esa Unggul.

 

Rep: Maulidya Wibawanti/Fildzah Yumna Fasya

Ed: Alfridho Yuliananda

 

About the author

derap_online

Leave a Comment

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.