Gaya Hidup

Ini Dia Hal-Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Mahasiswa Ketika Melihat Nilai Di Siakad

Written by derap_online

download

Hai kawan mahasiswa! Menyambut semester genap yang sebentar lagi bakal dimulai, sudah puaskah dengan nilai yang muncul di siakad? Buat maba-maba gemes, nilai di siakad adalah hal yang paling dinantikan dalam kehidupan anyar mereka, gak terkecuali buat para mahasiswa lama yang sudah mulai ubanan, mereka juga pasti deg-degan bakal mengulang atau enggak, nih, di semester depan, iya kan?

Buat kalian yang sudah melihat warna-warni nilai di kartu hasil studi kalian, jangan terlalu berlarut-larut ya sedih dan gembiranya! Masih ada semester depan yang membentang dan panjang untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan semester lalu.

jawaban

Bercermin dan koreksi diri (via jawaban)

 

Koreksi Diri

Saat melihat nilai di siakad, tentu beragam perasaan yang timbul. Harap-harap cemas selalu ada dalam menunggu hasil di semester ini. Sebelum kita melihat hasil dari proses belajar selama satu semester, tentu kita sudah bisa menakar seberapa jauh kemampuan dan apa saja yang sudah kita lakukan. Kalau kita bersungguh-sungguh, hasil yang diraih pun tak akan jauh dari proses yang kita lakukan. Kalau kita main-main, ya hasilnya juga main-main.

Tapi, jika kita telah bersungguh-sungguh namun hasilnya masih belum sesuai dengan harapan, ada baiknya jadikan hasil yang sudah diterima untuk kita mengoreksi diri. Apa yang salah pada diri kita. Barangkali, ada yang salah dari pola belajar kita, atau mungkin ada kecerobohan yang tanpa disadari memengaruhi nilai kita, atau bahkan mungkin kita terlalu sering mikirin mantan yang sudah punya gebetan baru. So, keep focus guys!

Melakukan Perbandingan Nilai dengan Teman

Setelah mengoreksi diri, ada baiknya kita juga membandingkan nilai dengan teman. Tentunya dengan teman yang sudah kita kenal dekat dan sudah kita tahu betul pola belajarnya seperti apa selama perkuliahan. Kok sama teman dekat aja? Soalnya, kalau sama teman yang kita gak tahu pola belajarnya dan bahkan gak kenal namanya, kita gak bakal bisa membandingkan, yang ada malah dibilang “Kepo”. Jadi, cari teman yang kamu kenal dan punya pola belajar yang sama atau bahkan lebih rajin dari kamu.

Setelah itu, kalian bandingkan nilai kalian. Kalau nilai kamu di mata kuliah tertentu dapat “B”, tapi teman kamu dapat “A”, langsung tanya aja, gimana sih caranya bisa dapat nilai “A”? Minta tipsnya, begitupun sebaliknya.

Tambah mata kuliahnya biar cepet pakai toga

Tambah mata kuliahnya biar cepet pakai toga

 

Merencanakan Mengambil Mata Kuliah Tambahan

Buat kalian yang bisa dapat IP 3,00 atau lebih, kalian punya jatah untuk menambah SKS. Pergunakanlah sebaik-baiknya! Soalnya, sistem menambah mata kuliah itu berpengaruh besar lho untuk kehidupan semester depannya, ya setidaknya kalian punya waktu tidur yang lebih banyak di semester selanjutnya.

Misalnya, pada semester 4, normalnya kita memiliki jatah berjumlah 18 SKS. Namun ternyata IP yang kita peroleh 3,80 maka kita punya kesempatan untuk mengisi penuh mata kuliah hingga 24 SKS. Itu artinya, kita bisa punya waktu untuk menyibukkan diri dengan berorganisasi, berwirausaha, bekerja paruh waktu, tidur, makan sampai gendut, atau minumin air danau sampai kering di semester yang akan datang.

Ingat, tetap harus konsultasi dengan Dosen Pembimbing Akademik untuk membicarakan mata kuliah apa yang dapat diambil dari semester enam walaupun kita masih berada di semester empat. Dengan berkonsultasi, kita bisa tahu sejauh mana taraf dan tingkat kesulitan mata kuliah yang bakal kita tambahkan kelak.

Cara ini juga menjadi salah satu trik agar kita lulus dalam waktu yang cepat lho! Mau gak lulus cepat? Apa mau jadi mahasiswa abadi? Jangan ya, kasian mami papi kita yang membiayakan kita!

Nah, gimana? Gampang, bukan? Buat kalian yang punya teman tukang galau karena nilai, lebih baik share artikel ini di akun Facebook, Twitter, dan Line kalian, supaya mereka bisa berfikir jernih, dan bisa bangkit dari kegalauan yang merana! Keep on fire, guys!

Rep: Dinda Shabrina/Ed: Alfridho Yuliananda

About the author

derap_online

1 Comment

Leave a Comment

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

%d bloggers like this: